9 years ago | posted by Angelica Pratolini

Category: Cerita Sukses

Tag: Campaign, Story

Vincent Drouin, cerita sukses master SEO yang bergabung dengan TEEZILY

Hello Vincent, boleh memperkenalkan diri secara singkat?


Secara singkat, aku sudah bekerja di dunia komunikasi dan pemasaran online sejak 2007. Kemudian bersama partner saya, kita pindah ke Montreal, Kanada sejak 2011 hingga sekarang.


Keahlianku dalam tiga tahun terakhir ini adalah dalam bidang optimalisasi dengan mesin pencari online dan sekarang aku sedang tertarik di bidang pembelian media. Aku punya blog juga, lebutineur.com , untuk mendukung karirku sebagai seorang freelancer. Teezily berperan besar dalam keputusan tersebut, sangat berjasa!


Bagaimana bisa bertemu dengan Teezily?

Aku diberitahu oleh teman blogku yang jenius, Medhi. Di February 2015, dia memperkenalkanku dengan  kesempatan pemasaran afiliasi terbaik saat ini. Pemasaran T-shirt menurut aku merupakan hal yang sangat menarik dan sangat, sangat menguntungkan.


Kenapa Vincent memilih Teezily dibanding platform lain?


Banyak alasan. Pertama tim Teezily bisa saja dibangun di banyak negara lain untuk menghindari besarnya pajak yang harus dibayar. Akan tetapi mereka memiliki keberanian dan semangat untuk mendirikan perusahaannya di Perancis. Mereka punya nilai lebih, menciptakan pekerjaan dan mendorong perekonomian di sebuah negara! Sebuah inisiatif bisnis yang fantastis! Bravo!


Kemudian, setelah aku bandingkan dengan platform-platform lain yang menawarkan produk dan jasa yang serupa, Teezily merupakan yang terbaik.


Aku suka pada salah satu detail di Teezily dimana pengguna bisa menggunakan desain vektor waktu membikin model baju. Itu sebuah detail kecil tapi mampu memberikan garansi desain kualitas tinggi kepada para pelanggan. Platform lain tidak memiliki fitur ini dan kadang kita harus kesusahan mengecek kualitas minimum dokumen desain kita sebelum mengirimkannya ke produsen.


Peralatan marketing online di Teezily pun lebih beragam dari para saingan mereka. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan fitur remarketing/retargeting untuk menyelesaikan kampanye kita dengan hanya membayar sekitar 2 dolar Kanada.


Kemudian aku juga suka fitur statistik dan fitur di mana pelanggan masih bisa memesan setelah kampanye selesai.


Tim Teezily sepertinya bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan mereka baik kepada pelanggan maupun penjual. Bahkan mereka memberikan latihan privat tambahan bagi para penjual. Menurut saya, platform mereka yang terbaik di bidangnya dan aku berharap agar mereka tetap mempertahankan dan mampu meraih lebih pasar mereka dibanding dengan para pesaing mereka.


Fitur desain mereka juga sangat dapat dihandalkan dan begitu juga dasbor penjualan, lebih daripada para pesaing mereka.


Platform mereka juga lebih ramah dengan pengguna, mudah dan fleksibel, yang menjadi penting bagi para pengguna tablet.


Ceritakan pengalaman pertama meluncurkan kampanye di Teezily!


Aku menghabiskan waktu kurang lebih sebulan mempersiapkan kampanye pertamaku. Aku baca-baca dahulu materi di forum FB Teezily tentang bagaimana mendesain kampanye, menemukan pasar dan targeting.


Sabtu, 7 Maret, aku memutuskan untuk mencoba meluncurkan kampanye mengandalkan desain dan slogan sederhana, untuk market klub olahraga di kota kelahiranku.


Sayangnya, sebuah lembaga donasi menggunakan desainku. Karena aku berada di Kanada, aku jadi tidak sadar akan hal tersebut. Akhirnya, aku berhentikan kampanyeku setelah terjual 10 buah. Sangat disayangkan tapi memberikan banyak penjualan.


Aku terpukau dengan hasil investasi yang didapatkan. Secara garis besar aku mendapatkan 9€ untuk setiah 1€ yang dikeluarkan. Aku tidak pernah membayangkan keuntungan sebesar, semudah, secepat itu.


Bagian mana dari kampanye yang paling menantang buat Vincent?


Salah satu yang menantang adalah ketika kita menginvestasikan uang kita di iklan tanpa ada jaminan kembali.


Kasarnya, kita harus berinvestasi sekitar 300 € dalam beriklan pemasaran T-Shirt untuk mengerti dan mulai mendapatkan uang. Hal ini merupakan gambaran mudah bagaimana kadang banyak orang takut untuk mencoba berkampanye.


Prinsipku adalah investasi bukan lah sebuah kehilangan jika kampanye kita gagal. Kita tidak kehilangan uang, kita menginvestasikannya dalam bentuk data.


Kita mendapatkan pengalaman, pemahaman yang lebih baik tentang audiens, niche dan secara garis besar sistem pemasaran.


Sedangkan yang paling menyenangkan?


Dimulai dengan kampanye untuk klub rugby, sebuah klub favoritku sejak kecil, memberikan kesenangan tersendiri. Terlebih aku kenal dekat dengan target audiens klub tersebut,  dan karya yang aku pakai pun 100% desain pribadi. Itu memberikan kepuasan sendiri bagi kreativitasku.


Bagaimana dengan kampanyemu sekarang?


Aku mulai kampanyeku tengah malam di Montreal, agar sesuai dengan waktu di Perancis jam 6 pagi. Sehingga kadang aku terbangun beberapa kali saat malam untuk mengecek jalannya kampanyeku. Aku menjadi insomnia sekarang, hehe..


Ada saran yang bisa dibagikan kepada mereka yang ragu untuk melancarkan kampanye mereka?


Aku masih baru di bidang in tapi selama beberapa bulan pertama, aku telah mengembangkan sebuah pendekatan ideal tentang bagaimana aku melakukan kampanyeku.


Aku ingin mengatakan bahwa kita harus tetap mempertahankan benchmark dan kompetisi kita; apa yang sedang terjadi di dunia internasional, khususnya negara-negara pasar yang kompetitif seperti US, UK dan Canada. Menemukan model T-Shirt baru untuk pasar yang sudah ada, dengan slogan yang menarik, diadaptasi kembali dan ditingkatkan dengan konteks niche yang ada dengan FB Ads.
Kita harus paham bahwa desain dan quote memiliki peranan penting dalam kampanye. Audiens yang dituju harus mampu terhubung secara emosional dan tertarik untuk membelinya.


Ketika kampanye sudah diluncurkan, dengarkan pendapat audiens karena mereka merupakan sumber inspirasi dan ide-ide yang bagus.


Bayangkan kita tidak memiliki produk kaos kerah V di kampanye kita, dan ada komen yang bilang menginginkannya, maka segera luncurkan sebuah kampanye untuk mengisi celah tersebut. Perluas niche mu dengan mencari niche yang dekat dengan audiensmu.


Kecepatan kita merupakan aset terbesar ketika menggunakan Teezily, karena dengan bereaksi secara cepat, aku dapat menghasilkan 1000$ dalam minggu pertama selama 2 bulan terakhir.


Terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan terima kasih kepada tim Teezily atas kerjanya yang menakjubkan!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *